Komparasi Mazda CX-5 Grand Touring vs Honda CR-V 2.4L Prestige

Komparasi Mazda CX-5 Grand Touring vs Honda CR-V 2.4L Prestige – Komparasi Mazda CX-5 Grand Touring VS Honda CR-V 2.4L Prestige di Indonesia. Honda CR-V baru saja mengalami ubahan minor. Ia kini tampil lebih percaya diri untuk menggoda konsumen di kelas Medium SUV. Lantas apakah daya tarik CR-V mampu mengalahkan CX-5?

SUV sampai kini adalah kelas dengan pertumbuhan sangat positif di Indonesia. Peminatnya semakin besar karena mobil-mobil di kelas ini lekat dengan citra ketangguhan, praktis dan bergengsi. Setidaknya dibanding mobil jenis MPV.

Salah satu kelas SUV yang paling ramai di Indonesia adalah Medium SUV. Di kelas ini, ada nama-nama dengan reputasi harum seperti Mazda CX-5, Honda CR-V dan Nissan X-Trail. Khusus untuk Honda CR-V, Honda baru saja melakukan ubahan minor pada SUV-nya itu. Terutama pada bagian entertainment yaitu sistem audio yang lebih baik dari model sebelumnya.

Perkembangan pada sistem audio CR-V menjadikannya sebagai unit yang tampil baru. Itu sebabnya PT Honda Prospect Motor (HPM) memberi titel new CR-V pada produk yang satu ini. Lebih spesifik, CR-V yang mendapat ubahan ini adalah tipe 2.4 Prestige saja.

Sebagai ‘konsekuensi’ dari mobil baru, maka mobil tersebut harus diuji yang salah satunya dengan pengetesan komparasi. Dalam konteks CR-V 2.4 Prestige, lawan yang paling tepat adalah Mazda CX-5 2.5 Grand Touring.

Komparasi Mazda CX-5 Grand Touring vs Honda CR-V 2.4L Prestige di Indonesia

CX-5 adalah lawan tepat karena ia merupakan Medium SUV terbaik pada salah satu majalah terkemuka di Indonesia 2015 lalu. Sementara 2.5 Grand Touring merupakan varian paling mewah di lini produk CX-5. CR-V sendiri sebenarnya sudah pernah bertarung dengan CX-5 namun menuai hasil kurang menggembirakan. Kini dengan ubahannya itu, mampukah CR-V 2.4 Prestige menaklukkan keperkasaan CX-5 di pertarungan ulang? Simak ulasan kami.

Komparasi Mazda CX-5 Grand Touring vs Honda CR-V 2.4L Prestige di Indonesia
Komparasi Mazda CX-5 Grand Touring vs Honda CR-V 2.4L Prestige di Indonesia

Komparasi Mazda CX-5 Grand Touring vs Honda CR-V 2.4L Prestige : Tes Jalan

CR-V adalah sosok yang terlihat lebih besar di jalan. Terutama berkat desain bodi memanjang hingga bagian belakang. Membuat kesan pertamanya adalah SUV tangguh yang lebih akomodatif untuk penumpang maupun barang.

Sementara CX-5, ia adalah mobil dengan desain lebih solid. CX-5 memberi kesan lebih dekat sebagai SUV urban ketimbang mobil yang luwes dipakai di medan off-road berat. Namun ia terkesan lebih dinamis terutama saat bermanuver di jalan.

Komparasi Mazda CX-5 Grand Touring vs Honda CR-V 2.4L Prestige : Performa Mesin

Performa kedua mobil memang menyajikan konsumsi bahan bakar yang berbeda. Meski memiliki kapasitas mesin lebih kecil, nyatanya tenaga CR-V lebih besar dari CX-5. Tapi sayangnya CR-V kalah cepat di pengetesan akselerasi. Berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam, CR-V melakukannya dalam tempo 10,3 detik. Sementara CX-5 menguncinya di angka 8,6 detik. Selisih 1,7 detik merupakan hasil yang cukup signifikan untuk mobil di kelas ini.

Lalu di performa pengolahan bahan bakar, CR-V mencetak 9,1 km/l ketika diajak melaju di rute dalam kota. Sementara untuk rute tol, CR-V meraih 14,6 km/l. Cukup baik, namun CX-5 ternyata bisa tampil sedikit lebih irit. Pada rute dalam kota ia mampu mencetak angka 10,3 km/l. Dan pada rute tol dengan simulasi lalu lintas bebas hambatan, ia mampu meraih hasil 15,2 km/l.

Teknologi sepertinya amat berperan di sini. Mesin SKYACTIV milik Mazda, mampu bekerja lebih efisien meski memiliki kapasitas mesin lebih besar sedikit. Selain itu, fitur i-stop juga sa ngat berpengaruh dalam menekan konsumsi BBM sehingga jadi lebih irit.

Komparasi Mazda CX-5 Grand Touring vs Honda CR-V 2.4L Prestige : Kenyamanan

Kenyamanan merupakan salah satu faktor penting bagi SUV di kelas ini. Apalagi dalam tes kali ini, kami membawa dua medium SUV yang terbilang sama dalam soal kapasitas penumpang.

Mazda CX-5 adalah SUV yang memiliki handling tajam nan presisi. Maka tak heran, suspensinya terasa lebih rigid. Meskipun Mazda mengklaim telah merubah setup suspensinya agar terasa lebih empuk. Namun hal tersebut tak berdampak signifikan, ia masih terasa lebih keras dari CR-V.

Hal ini berbeda dengan CR-V, yang terbilang sangat nyaman untuk ukuran SUV. Ketika dibawa berkendara di jalan yang rusak, ia mampu memberikan peredaman suspensi yang lebih empuk. Pantulan suspensinya terasa lebih lembut dari CX-5.

Sementara itu urusan kelegaan kabin baris kedua CR-V dan CX-5 mampu mengakomodir kebutuhan lima penumpang dengan maksimal. Namun, ruang kaki dan ruang kepala CR-V terbilang lebih luas. Apalagi CR-V punya saluran AC untuk penumpang belakang, se hingga kenyamanan bisa dirasakan semua penumpang.

Yang menjadi catatan adalah CR-V punya jok yang lebih empuk dari CX-5. Walau begitu, CX-5 punya bentuk jok dengan sandaran paha yang lebih luas, sehingga bisa me ngurangi rasa pegal yang dialami penum pang ketika berkendara jarak jauh.

Demikian sedikit ulasan singkat mengenai Komparasi Mazda CX-5 Grand Touring vs Honda CR-V 2.4L Prestige di Indonesia. Dengan tersedianya unit bekas keduanya, manakah yang Anda pilih? Baca juga:

Rekomendasi Medium SUV Bekas Terbaik