Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic FB

Review Spesifikasi Honda Civic FB – Sejak peluncuran pertama kali sedan Genio, posisi Honda terus menguat dalam 24 tahun terakhir. Persaingan terus memanas dengan rival abadinya, Toyota Corolla.

Dalam dekade ini, Honda membuat terobosan paling mutakhir, yaitu dengan meluncurkan Honda Civic FD, yang merupakan generasi ke-8 dari Civic, diluncurkan pada tahun 2006. Uniknya, Civic paling sukses ini juga sering disebut sebagai Civic Batman.

Untuk melanjutkan tradisi menyajikan pengendalian mobil sport dalam sebuah sedan keluarga, Honda akhirnya Honda Civic terbaru yang menggunakan kode FB. Sedan ini bertujuan untuk menggantikan posisi Civic FD yang telah berkiprah selama 6 tahun di tanah air. Dikenalkan secara resmi kepada publik Indonesia pada tahun 2012.

Ada dua varian yang dikenalkan yakni varian bermesin 1.800 cc dengan kode FB2 dan juga varian 2.000 cc dengan kode FB3. Keduanya memiliki desain yang sama hanya saja power FB3 pastinya sedikit lebih besar dan memiliki fitur lebih lengkap.

Sayangnya, Civic FB dianggap sebagai generasi Civic paling gagal karena adanya beberapa downgrade kualitas di beberapa titik dalam interior. Oleh karena itu, Honda mengakalinya pada varian facelift yang diluncurkan pada IIMS 2014 dan kemudian dijual pada awal 2015.

Di Indonesia, Civic FB diposisikan sebagai pengisi celah antara Honda City GM6 dan Accord CR2. Dalam segmennya sebagai sebuah sedan kompak, Civic FB mendapat perlawanan sengit dari Corolla Altis Gen 2, Lancer EX, dan Chevy Cruze.

Penjualan Civic FB tergolong cukup singkat, dimana berakhir pada akhir tahun 2015 dan kemudian dilanjutkan oleh All New Civic yang terkenal melalui varian unggulannya, Civic Turbo.

Baca juga :

Civic FB vs Altis Gen 2, Bagus Mana?

Panduan Beli Civic FB Bekas

Review Spesifikasi Honda Civic FB

Berikut beberapa informasi penting mengenai Review Spesifikasi Honda Civic FB2 dan FB3 di Indonesia yang dijual dari tahun 2012 hingga 2015.

Review Spesifikasi Honda Civic FB : Exterior

Dilihat dari luar, Civic FB sama sekali tidak meninggalkan jejak dari pendahulunya terutama pada bagian depan yang didominasi oleh garis-garis tegas dan headlamp menyipit. Headlamp dengan proyektor tersebut mengapit grill 3 bilah dimana bagian atasnya dilapisi krom.

Kap mesin, fender, lampu depan, grille dan bumper digabungkan dalam satu unsur yang saling sinkron. Namun bedanya, ukuran body Civic FB sedikit menyusut dibandingkan Civic FD.

Untuk Civic FB2, lampu utamanya masih menerapkan lampu halogen sementara FB3 sudah mengadopsi lampu HID dengan proyektor yang mampu memaksimalkan pecahayaan di malam hari. Untungnya, kedua tipe tersebut telah diberikan sepasang foglamp sebagai fitur standar.

Review Spesifikasi Honda Civic FB
Eksterior Honda Civic CB Prefacelift Tampak Depan

Pada varian facelift, perubahannya cukup minor bahkan susah dibedakan oleh orang awam. Update disini hanya merambah bagian grill yang kini menggunakan mesh dengan bentuk sarang lebah ditambah oleh aksen krom U-shape pada bagian bawahnya.

Sementara bentuk bumper, lampu depan, dan housing foglamp, sama sekali tidak berubah. Fitur lampu depannya juga masih sama seperti varian prefacelift. Tapi setidaknya, update tersebut cukup bagus karena bisa menutupi jejak desain yang sebelumnya terkesan mirip dengan Honda City.

Review Spesifikasi Honda Civic FB
Eksterior Honda Civic CB Facelift Tampak Depan

Beralih ke bagian samping, disinilah nilai plus bagi Honda Civic FB yang mengusung garis body landai memanjang hingga ke belakang membentuk seperti anak panah. Ditambah karena panjang body berkurang dan ekor yang pendek, garis body FB2 terlihat seperti model Coupe.

Perbedaan Civic FB2 dan FB3 untuk bagian ini ada pada spesifikasi velg. Untuk varian 1.8 liter, velgnya berdimensi 16 inci dan 17 inci untuk 2.000 cc. Sedangkan untuk facelift juga masih membawa spek serupa namun bentuk model cabang velgnya berbeda.

Review Spesifikasi Honda Civic FB
Eksterior Honda Civic FB Tampak Samping

Di bagian belakang, bentuk segitiga dari lampu belakang lebih menyerupai desain pada Mercedes C-class. Pada bagian kiri dan kanan dudukan plat nomor dihiasi dengan reflektor bar horisontal, mengemulasi bagian belakang saudara besarnya, Honda Accord CP2 yang dikenalkan bersamaan dengan Civic FD pada tahun 2006.

Bagian inilah yang dianggap paling jelek dari Civic FB karena desain sporty Civic FD sebelumnya seketika hilang disini. Sayangnya, bagian bokong semok ini sama sekali tidak mendapatkan pengingkatkan pada fase facelift.

Review Spesifikasi Honda Civic FB
Eksterior Honda Civic FB Tampak Belakang

Review Spesifikasi Honda Civic FB : Interior

Penyusutan yang terjadi pada eksterior Honda Civic FB2 memberikan nilai minus dimana kini interior yang ditawarkan terkesan kurang luas meskipun tidak terlalu signifikan. Lanjut ke bagian dashboard, kini didesain ulang mengarah ke bagian supir sehingga terkesan sangat “driver oriented”.

Desainnya tergolong cukup unik, namun sayangnya head unit terlihat terlalu mengkotak seakan tidak mengikuti kontur dashboard. Pada Civic FD, desain clusternya mengikuti kontur dashboard yang landai, sehingga terlihat jauh lebih baik.

Bagi Anda yang telah terbiasa dengan interior Civic FD, pastinya akan mudah dalam hal pengoperasian tombol pada dashboard, karena peletakan tombol-tombol masih sangat familiar dengan FD. Sebagai tambahan, telah dibenamkan sebuah tombol ECO Mode yang berguna untuk memonitori cara mengemudi agar konsumsi BBM dapat diminimalisir.

Review Spesifikasi Honda Civic FB
Foto Interior Honda Civic FB Prefacelift Tampak Dashboard

Pada varian facelift, Civic FB kini mendapatkan fitur baru yakni dua buah tweeter pada masing-masing pilar A, panel multiplex meter berwarna hitam, tambahan cruise control, serta headunit baru berukuran 8 inci dengan touchscreen yang dilengkapi port HDMI.

Untuk model 2.0 liter juga membawa fitur-fitur diatas plus penambahan navigasi GPS, kamera mundur yang ditampilkan pada headunit lengkap dengan teknologi multi angle, dan hands free telephone switch pada roda kemudinya.

Review Spesifikasi Honda Civic FB
Foto Interior Honda Civic FB Facelift Tampak Dashboard

Beranjak ke bagian belakang, kenyamanan penumpang terbilang cukup baik dengan ketersediaan headroom dan legroom yang cukup lapang. Mobil ini juga masih cukup nyaman diduduki oleh 3 orang dewasa tanpa berdesakan.

Review Spesifikasi Honda Civic FB
Foto Interior Kabin Penumpang Honda Civic FB

Review Spesifikasi Honda Civic FB : Performa Mesin

Civic FB hadir dengan dua varian mesin dan dua pilihan transmisi. Mesin pertama milik FB2 berkapasitas 1.8 liter R18A yang mampu memproduksi tenaga hingga 140 HP pada 6.300 RPM plus trosi puncak sebesar 177 Nm pada 4.200 RPM.

Review Spesifikasi Honda Civic FB
Foto Mesin Honda Civic FB 1.800 cc

Sedangkan mesin FB3 berkapasitas 2.0 liter K20Z yang membawa tenaga maksimum 155 HP pada rev 6.000 RPM dan torsi puncak sebesar 192 Nm pada putaran 4.200 RPM. Kedua mesin memiliki teknologi i-VTEC yang dilengkapi dengan torsi high-end.

Review Spesifikasi Honda Civic FB
Foto Mesin Honda Civic FB 2.000 cc

Review Spesifikasi Honda Civic FB : Impresi dan Handling

Bagian terbaik adalah pada sesi pengendaliannya, dimana FB2 benar-benar menawarkan kedinamisan khas sebuah Civic. Steering menggunakan EPS speed sensitive, yang menawarkan pengendalian impresif.

Hal ini ditambah lagi oleh penggunaan suspensi berkarakter sport, sehingga sangat mudah dikendalikan ketika bermanuver di dalam perkotaan yang sering dilanda kemacetan. Sebagai catatan, suspensi ini cenderung keras dan kurang nyaman jika dibandingkan rivalnya, Toyota Altis.

Spesifikasi Honda Civic FB2 dan FB3

  • Mesin : 1.8 liter R18A1 dan 2.0 K20Z2.
  • Konfigurasi : sama-sama 4 silinder segaris 16 katup SOHC.
  • Tenaga : 140 HP @6.300 RPM (1.8), 155 HP @6.000 RPM (2.0).
  • Torsi : 177 Nm @4.200 RPM (1.8), 192 Nm @4.200 RPM (2.0).
  • Bore x Stroke : 81 mm x 87.25 mm (1.8), 81 mm x 96.89 mm (2.0).
  • Rasio kompresi : sama-sama 10,6:1.
  • Konsumsi BBM : 7-10 km/L (dalam kota), 10-13 km/L (luar kota).
  • Transmisi: manual 5 percepatan dan matic 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang independent double wishbone.
  • Rival : Toyota Corolla Altis, Mitsubishi Lancer EX, Chevrolet Cruze.
  • Penjualan : 2012 – 2015.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic FB

Berikut beberapa informasi penting mengenai Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic FB2 dan FB3 di Indonesia yang dijual sejak tahun 2012 hingga 2015.

Keunggulan Honda Civic FB

  • Desain aerodinamis.
  • Interior modern.
  • Fitur lengkap.
  • Kemampuan bermanuver cukup baik.
  • Tenaga dan transmisi responsif.
  • Posisi kursi terlalu rendah.

Kelemahan Honda Civic FB

  • Eksterior kalah cantik dengan pendahulunya.
  • Lampu belakang mirip C-Class.
  • Peredaman kabin kurang bagus.
  • Legroom belakang sempit.
  • Head unit merusak tampilan dashboard.
  • Kualitas pembuatan masih kalah dari Civic FD.

Demikian beberapa informasi penting mengenai Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic FB2 dan FB3 di Indonesia yang dijual sejak tahun 2012 hingga 2015. Secara keseluruhan, Civic FB2 memang menawarkan tampilan exterior yang kurang cantik, build quality yang mengecewakan. Namun hal ini dapat ditutupi oleh kemampuan pengendaliannya yang menyerupai sebuah sedan sport. Baca juga:

Rekomendasi Sedan Mewah Harga Terjangkau

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic FB

Berikut beberapa informasi penting mengenai Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic FB2 dan FB3 di Indonesia yang dijual sejak tahun 2012 hingga 2015.