Alasan Kenapa Harus Memilih Mobil Diesel

Tips dan Alasan Memilih Mobil Diesel – Memilih mobil bekas (mobkas) berjenis diesel modern sekarang ini menjadi keputusan yang tepat. Tak lain karena mesin mobil diesel ini efisien dalam mengolah bahan bakar dan relatif lebih tangguh.

Keunggulan lainnya, emisi dari mesin diesel modern relatif lebih bersih. Namun penggunaan BBM diesel dengan sulfur tinggi, dapat menimbulkan asap pekat. Sebaliknya, jika menggunakan BBM yang sesuai kebutuhan mesin, maka emisinya menjadi lebih rendah.

Mesin diesel lebih mudah perawatannya diban­dingkan mesin bensin. Mesin ini juga tangguh atau tidak mudah rusak. Torsi­nya pun lebih besar dari mesin bensin ter­utama pada putaran bawah, sehingga mengun­tungkan untuk perjalanan jarak jauh atau jalan menanjak.

Makanya, harga bekasnya pun sedikit lebih tinggi dibanding model yang sama bermesin bensin. Misalkan, harga bekas Toyota Kijang Innova bensin G M/T dengan kapasitas mesin 2.000 cc, dijual sekitar 20 jutaan lebih murah dibandingkan Kijang Innova diesel dengan tipe dan tahun yang sama. Dengan selisih Rp 20 juta, Anda mendapatkan Kijang Innova dengan kapasitas mesin lebih besar yaitu 2.500 cc.

Tips Memilih Mobil Diesel

Nah, untuk mendapatkan mobil bekas diesel dalam kondisi prima pun tidak sulit.

Kondisi Mesin

Hal terpenting yang Anda lakukan adalah mengecek mesin. Coba cermati lubang pengisian oli mesin dengan membuka tutupnya. Lalu hidupkan mobil dan injak pedal gas. Saat mobil sedang digas, pastikan tidak ada asap yang keluar dari lubang pengisian oli itu.

Karena munculnya asap dari lubang oli itu menandakan kompresi mesin sudah mengalami kebocoran atau piston mobil tersebut sudah aus. Risiko yang bakal dihadapi, mobil akan turun mesin dengan biaya perbaikan tidak sedikit.

Selain itu, bisa mendeteksi melalui asap knalpot. Mobkas diesel bermesin prima, minim mengeluarkan asap berwarna hitam. Tetapi, bila asap yang keluar berwarna hitam pekat dan tebal, atau berwarna putih, sudah dipastikan mesin diesel dalam kondisi kurang baik. Sebaiknya hindari mobil itu.

Bodi dan Sasis

Untuk mengetahui kondisi bodi mobil diesel ini tidak berbeda dengan mobil bensin. Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan seperti:

Permukaan bodi yang mencakup melihat kondisi cat, mengetuk bodi untuk memastikan tidak ada dempul tebal, celah antar panel bodi tetap sama dan lainnya.

Melihat kelurusan ban depan belakang juga penting. Hal ini untuk memastikan sasis tetap lurus dan tidak pernah meng­alami tabrakan keras.

Namun ada indikator spesifik yang perlu diperhatikan pada mobkas diesel modern. Cermati area bumper belakang di sekitar knalpot. Bila bumper berwarna hitam akibat je­laga yang dihasulkan emisi knalpot. Hal itu menandakan pemilik lama mobkas diesel menggunakan solar yang tidak sesuai spesifikasi dari mesin dalam waktu yang lama. Untuk membersihkan bumper seperti itu pun perlu upaya khusus.

Dokumen dan Identitas Kendaraan

Jangan alpa pada kelengkapan surat-surat kendaraan. Seperti STNK, dan BPKB. Periksa nomor mesin dan rangka mesti sama dengan dokumen kendaraan tadi.

Itulah beberapa poin penting mengenai Alasan Kenapa Harus Memilih Mobil Diesel yang bisa Saya sampaikan. Jika ada masukan mohon diisi di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Reply