Tips Membeli Kia Pride Bekas

Tips Membeli KIA Pride Bekas – Nilai lebih yang dibawa Pride adalah kabin lapang. Tersedia ruang kaki luas bagi penghuni kabin depan maupun belakang. Joknya cukup besar untuk menyangga tubuh orang dewasa berukuran overweight.

Kepraktisan kabinnya didukung oleh 7 tempat penyimpanan dan 3 cup-holder. Semakin fleksibel berkat pelipatan jok belakang yang praktis. Ditambah lagi kemudahan akses dari pintu belakang yang lebar.

Performa mesin 1.400 cc 4 silinder DOHC 94 HP milik Pride juga tidak mengecewakan. Versi transmisi otomatis mampu menyelesaikan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam 14,6 detik. Dibanding versi manual, ia lebih lambat 3,2 detik.

Sayang, performa penjualannya kalah bila dibandingkan dengan pesaing dari Jepang. Angka penjualannya kalah jauh dengan Honda Jazz, Suzuki Swift dan Toyota Yaris. Ini sebabnya Pride agak sulit ditemukan keberadaannya di sentra mobkas macam Kemayoran, Kelapa Gading, Mangga Dua, Kalimalang, dan lainnya. Jadi mesti agak sabar dan telaten bila ingin memburunya.

Kondisi ini berdampak pada resale value-nya yang kurang baik. Kini harga pasaran Kia Pride 2005 sekitar Rp 80-85 juta. Setahun lebih muda, umumnya penjual menawarkan angka Rp 90-95 juta. Kalau produksi 2007, tawaran lazim dimulai di angka Rp 100 juta. Padahal secara kualitas, Pride bisa membanggakan pemiliknya.

Hal ini yang justru menguntungkan bagi konsumen mobkas bila mengincar hatchback ini. Dengan harga relatif terjangkau dan keunggulan yang dimilikinya, Pride bisa menjadi salah satu alternatif menarik.

Baca juga :

Keunggulan dan Kelemahan Kia Pride

Sejarah KIA Pride di Indonesia

PT Kia Motor Indonesia (KMI) pertama kali meluncurkan Kia Pride pada September 2005. Hatchback ini masuk ke Indonesia dalam kondisi utuh alias completely built up (CBU) dari Korea Selatan.

Pride hadir dengan mesin 1.400 cc 4 silinder DOHC 94 HP dengan bahan bakar premium dan ber-catalytic converter. Tersedia dalam 3 varian bagi konsumen.

Model bertransmisi manual 5-speed dibedakan menjadi dua, berdasarkan fitur dan kelengkapannya, yaitu tipe Standar dan Option. Sedang model paling mahal bertransmisi matik 4-speed.

Dari luar tidak ada perbedaan besar antara versi standar dengan varian Option atau Otomatis. Cuma fog lamp dan pelek alloy saja yang tidak dimiliki varian dasar.

Pada interior perbedaan pada permainan warna pelapis jok. Versi paling mahal trim dan jok menggunakan pelapis kain diberi paduan warna beige-hitam. Sementara varian di bawahnya memadu abu-abu dan hitam.

Setelah 5 tahun melenggang, Pride mengalami penyegaran. Pada 2010 meluncurlah versi facelift. Andalan KMI itu pun berganti status menjadi produk hasil rakitan dalam negeri alias CKD.

Beberapa ubahan pada eksterior menjadikannya tampak lebih segar. Bumper depan dan foglamp mengalami perubahan desain sehingga lebih berkarakter.

Begitu juga dengan gril yang kini memiliki konsep “tiger nose”. Headlamp pun tak ingin ketinggalan dengan tambahan berupa alis pada bagian atasnya. Sedangkan pada bemper belakang,sudah dilengkapi dengan diffuser.

Perpaduan dua warna kuning gading dan hitam mendominasi ruang kabin. Sementara pengembangan pada transmisi turut dilakukan dengan melakukan pembenahan pada rasio gigi 2 dan 4. Konsumen pun akan dimanjakan dengan program service warranty selama 5 tahun atau 150 ribu kilometer yang dimiliki mobil asal Korea ini.

Tips Membeli KIA Pride Bekas

Tips Membeli KIA Pride Bekas : Karet & Link Stabilizer

Komponen ini kerap aus akibat termakan usia. Kalau sudah getas atau pecah mesti diganti yang baru. Ciri-cirinya timbul bunyi gluduk-gluduk saat melewati jalan bergelombang atau tak rata.

Tips Membeli KIA Pride Bekas : Sistem AC

Sistem pendingin ini sering terlupa dirawat oleh pemilik sebelum. Cek apakah ia bisa menyejukkan udara kabin dengan cepat. Mulai dari kecepatan kipas (blower) sampai pengatur suhu kabin.

Tips Membeli KIA Pride Bekas : Outer Joint Shaft (CV Sgaft)

Bagian ini juga mesti diperiksa. Coba putar setir hingga metok saat mesin menyala, bila timbul suara tek…tek…tek, bisa jadi CV shaft-nya aus atau karet boot-nya sobek.

Tips Membeli KIA Pride Bekas : Lampu Depan

Bagian ini kerap berembun di pagi hari, khususnya bila Anda tinggal di daerah berhawa dingin. Bila setelah diguyur hujan deras sering kali juga terjadi hal yang sama. Tampaknya karena sealant di bagian bawah lampu yang kurang optimal.

Tips Membeli KIA Pride Bekas : Sistem Grounding

Titik ground yang berada di belakang kotak sekring. Kondisinya sering ditemukan tidak terpasang sempurna. Perbaikan di bagian ini mampu membuat arus listrik lebih stabil sehingga bisa meningkatkan kerja sistem pengapian.

Tips Membeli KIA Pride Bekas : Fuel Pump

Pride diset pabrikan mengkonsumsi premium. Namun, berhubung kualitas bahan bakar yang kurang baik sering ditemukan pompa bahan bakar yang macet atau rusak akibat tersumbat kotoran.

Tips Memilih KIA Pride Bekas

Kia Pride biaya perawatannya relatif terjangkau konsumen. Resale value Kia Pride yang kurang baik malah menjadikan mobil ini pilihan yang menarik. Soalnya, dengan budget Rp 60-80 juta sudah bisa mendapatkan hatchback dengan kabin luas, mesin relatif bertenaga dan suspensi empuk.

Produksi tahun termuda tentu menjadi pilihan terbaik. Namun pilihan transmisi manual tetap Jaldayat rekomendasikan, mengingat kualitas transmisi matik mobil-mobil Korea belum teruji keandalannya ketika diperoleh dalam kondisi second hand. Baca juga :

Rekomendasi Hatchback Bekas Murah Terbaik

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!