Perbedaan Suzuki Escudo, Vitara dan Sidekick

Perbedaan Suzuki Escudo, Vitara dan Sidekick Ketiga mobil ini merupakan produksi Suzuki untuk memenuhi segmen pasar SUV, yang merupakan penggabungan antara ketangguhan MPV dan kenyamanan Sedan dalam satu mobil. Suzuki Vitara adalah basis utama untuk kedua mobil lainnya yaitu Escudo dan Sidekick, hanya saja beberapa fitur yang disematkan pada ketiga mobil ini berbeda, baik dari segi eksterior, interior, maupun aksesoris penunjang lainnya.

Kali ini Jaldayat.com akan merincikan beberapa perbedaan Escudo, Vitara dan Sidekick. Apa saja perbedaannya antara ketiga mobil ini? Berikut perinciannya.

Perbedaan Suzuki Escudo, Vitara dan Sidekick

Suzuki Vitara

Suzuki Vitara memiliki merupakan cikal bakal lahirnya Escudo. Ia masuk ke Indonesia tanpa penurunan spek dan dilengkapi sistem penggerak 4×4 alias 4WD dengan trim JX dan JLX. Bedanya, tipe JX hanya dilengkapi power steering dan central lock saja.

Sedangkan tipe JLX memiliki fitur lebih lengkap seperti electric mirror, pengatur AC dengan heater, wiper belakang, defogger, body stripe hingga side mould.

Karena sistem perpajakan mobil 4×4 yang cukup gelap di era 90-an, maka Suzuki Vitara kurang laku sebab harganya yang cukup mahal. Untuk mengakali pemasaran, Suzuki mengambil inisiatif dengan cara merombak sistem penggerak Vitara menjadi 4×2 lalu diberi nama Escudo. Escudo sendiri lahir pada tahun 1994 sementara Vitara sudah ada sejak tahun 1992.

Perbedaan yang signifikan dari Escudo adalah ground clearance-nya yang lebih tinggi dan kaki-kaki yang lebih kuat. Sehingga sangat cocok untuk dipasangkan roda dan ban berukuran besar. Populasi mobil ini tidak sebanyak Escudo, bahkan bisa dikatakan kurang bersaing untuk segmen pasar otomotif yang berpenggerak 4×4 yang pada saat itu dikuasai oleh Daihatsu Taft GT sebab harganya lebih murah.

Untuk spesifikasi singkatnya, Suzuki Vitara menggunakan mesin G16A  karburator 1600cc 4 silinder segaris SOHC 8 katup yang kemudian di update dengan mesin karburator G16B 16 katup pada tahun 1996. Mesin ini turut digunakan untuk Escudo dan Sidekick yang baru muncul beberapa tahun kemudian.

Pada tahun 1994 akhir hingga 1995, Vitara turut disediakan dengan mesin injeksi yang juga berkode G16A. Jenis Vitara ini lebih dikenal dengan sebutan Vitara EPI (Electronic Petrol Injection) dan peredarannya terbilang langka. Varian paling langka dari semua jenis mobil yang ada dalam artikel ini adalah Suzuki Vitara 2 door yang hanya dibekali 2 pintu.

Suzuki Escudo

Tak lama setelah kemunculannya di Indonesia pada tahun 1994. Escudo langsung merajai pasar industri otomotif dalam penjualan SUV. Karena mobil ini merupakan SUV yang memiliki fitur lengkap jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Daihatsu Feroza pada masa itu.

Escudo memiliki spesifikasi sama seperti Vitara namun tidak memiliki penggerak 4×4 dan hanya menggunakan mesin karburator. Berbeda dengan generasi penerusnya yaitu Escudo 2.0 yang dihadirkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Varian update atau facelift dinamakan Nomade dengan penambahan fitur yang lebih lengkap antara lain penambahan side moulding di sekeliling bodi, warna two tone, dan juga spoiler. Jadi bisa disimpulkan bahwa Escudo Nomade adalah Escudo keluaran terakhir sebelum akhirnya Escudo gen 2 muncul pada tahun 2001.

Suzuki Sidekick

Suzuki sidekick merupakan kasta terendah dari kedua mobil di atas, sistem penggeraknya sama seperti Escudo dan muncul pada tahun 1996. Mobil ini mengalami penurunan spek dari Escudo yang harganya saat itu juga tidak bisa dikatakan murah. Dikarenakan untuk memangkas harga jual, mobil ini tidak memiliki fitur tambahan alias dijual kosongan.

Bahkan Suzuki Sidekick tidak memiliki power window, electric mirror, konsol tengah, radio tape yang menjadi fitur standar dari Vitara ataupun Escudo serta panel doortrim dibuat rata layaknya Kijang Kotak. Pemangkasan juga dapat dilihat pada bagian luar dimana bumper plastiknya bewarna hitam karena tidak di cat, dan juga velg kaleng.

Suzuki Sidekick mendapat update facelift ringan pada tahun 1997 dengan nama Sidekick Drag One yang sudah dibekali power window, dashboard bagian kiri sedikit melengkung dan juga penambahan sarung jok.

Sementara pada exterior sudah menggunakan velg alloy, side moulding berwarna hitam dan adanya stiker warna warni pada kedua sisi mobil. Varian ini dijual bersamaan dengan Suzuki Nomade sebelum akhirnya generasi Escudo baru muncul.

Itulah sedikit mengenai penjelasan mengenai Perbedaan Suzuki Escudo, Vitara dan Sidekick, semoga dapat membantu dalam memilih mobil yang sesuai dengan budget dan selera Anda. Baca juga artikel perbedaan tipe mobil lainnya.

Incoming search terms:

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!