Perbandingan Honda Mobilio vs Ertiga vs Grand Livina

Perbandingan Honda Mobilio vs Ertiga vs Grand Livina РBeberapa Compact MPV datang menjamuri pasar Tanah Air. Di pasar mobil bekas pun populasinya juga besar. Berikut beberapa data dan fakta penting mengenai Perbandingan Honda Mobilio vs Ertiga vs Grand Livina di Indonesia. Kira-kira mana yang terbaik?

Komparasi Honda Mobilio vs Ertiga vs Grand Livina

Honda Mobilio E CVT

Honda Mobilio E CVT – Honda Mobilio memang menjadi pendatang baru di kelas Compact MPV. Ia memiliki basis dari Brio, tak heran jika Mobilio memiliki tampilan yang serupa pada interiornya.

Salah satu kelebihannya adalah transmisi CVT yang dimilikinya dan kabin yang cukup luas. Salah satu bukti kongkretnya ada pada bangku baris ketiga yang memiliki legroom lebih lega dibandingkan rival sekelasnya.

Honda menghadirkan karakter suspensi yang kaku pada Mobilio. Hal ini tentu berdampak pada bantingan suspensi yang keras, tapi membuahkan hasil positif pada pengendaliannya yang menjadi tajam.

Mesin: 1.496 cc 4-silinder, 118 Hp
Keunggulan : Fun to drive, pengendalian, kabin luas
Kelemahan : : Fitur fiburan, suspensi keras

Suzuki Ertiga GX A/T

Ketika pertama kali hadir, PT Suzuki Indomobil Sales tidak menghadirkan double blower pada sistem pendingin kabin, tapi di 2012 ia langsung merevisi Ertiga dengan menghadirkan double blower demi kenyamanan penumpang bangku baris kedua dan ketiga.

Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan berkendara, Ertiga dengan transmisi otomatis, bisa Anda dapatkan pada Ertiga lansiran 2013. Sistem tranmisi yang dihadirkan masih menggunakan transmisi otomatis konvensional, jadi Anda tetap merasakan entakan saat terjadi perpindahan gigi meski cukup halus.

Salah satu kelebihan dari Ertiga adalah bantingannya yang empuk. Selain itu citra after sales dengan harga terjangkau menjadi alasan konsumen memilihnya. Sekadar informasi tambahan Ertiga sering dijumpai masalah pada kaki-kaki.

Mesin: 1.373 cc 4-silinder, 95 Hp
Keunggulan : Suspensi, headroom, konsumsi BBM
Kelemahan : Ruang bangku baris ketiga, bagasi terbatas

Nissan Grand Livina 1.5 A/T

Pada 2013, PT Nissan Motor Indonesia menghadirkan facelift dengan ubahan pada sektor eksterior dan interior. Salah satu ubahan yang berarti dengan hadirnya transmisi CVT pada Grand Livina terbaru.

Transmisi CVT ini mampu menghadirkan catatan konsumsi BBM yang makin apik, yaitu 13,2 km/l untuk rute dalam kota dan tol 18,2 km/l (varian 1.5 VX A/T).

Uniknya di pasar mobkas, Grand Livina yang memiliki minat konsumen tertinggi justru varian dengan transmisi otomatis. Sehingga varian bertransmisi manualnya memiliki harga pasaran yang lebih terjangkau.

Mesin: 1.498 cc 4-silinder, 109 Hp
Keunggulan : Posisi mengemudi, desain interior, performa
Kelemahan : Kabin sempit, fitur, kepraktisan

Kesimpulan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga vs Grand Livina

Demikian beberapa data dan fakta penting mengenai Perbandingan Honda Mobilio vs Ertiga vs Grand Livina di Indonesia. Parameter terpenting di segmen ini adalah akomodasi kabin dan konsumsi BBM yang irit.

Nissan Grand Livina terbentur dalam hal akomodasi yang terbatas, sedangkan Suzuki Ertiga belum mampu menghadirkan banyak kelebihan dibandingkan rivalnya walau lebih nyaman dikendarai. Sedangkan Mobilio, meski tampilannya mirip Brio, tapi ia menghadirkan posisi mengemudi lebih baik dan ruang kabin lebih memadai. Ia pun lebih fun to drive dengan konsumsi BBM yang tak jauh berbeda. Baca juga:

Rekomendasi MPV Bekas Irit dan Murah