Cara Hemat dan Biaya Perbaikan Kaki-Kaki Mobil

Tips Hemat dan Biaya Perbaikan Kaki-Kaki Mobil – Perawatan dan perbaikan kaki-kaki mobil kesa­yangan kita bisa dilakukan dengan beberapa cara. Yaitu dengan membawa ke bengkel resmi atau ke bengkel spe­sialis. Kedua bengkel itu ada kele­bihan dan kekurangannya ma­sing-masing.

Jika kita bawa ke bengkel resmi, memang kocek yang kita rogoh lebih besar diban­ding membawanya ke bengkel spesialis. Tapi servis record mobil terjaga dan mobil ditangani dengan peralatan dan suku cadang sesuai dengan standarisasi pabrikan.

Jika membawa ke bengkel spesialis, maka service record mobil akan tidak terdata lagi di bengkel resmi, tapi biaya perawatan yang dikeluarkan tentu lebih murah.

Selain itu jika mobil masih garansi, maka garansi kaki-kakinya akan hilang jika mobil diperbaiki di bengkel spesialis. Sementara jika ada komponen gagal produksi, beberapa merek mobil yang menanggung seluruh biaya perbaikan saat mobil masih garansi. Tapi ada juga beberapa merek mobil yang hanya menanggung biaya jasa.

Jadi sebaiknya jika mobil masih dalam masa garansi, lakukan perbaikan di bengkel resmi agar garansi tetap berlaku. Namun untuk Anda yang mempunyai mobil yang sudah habis masa garansinya, maka tidak ada salahnya mencoba bengkel spesialis.

Biaya Perbaikan Kaki-Kaki Mobil

Harga suku cadang dan jasa yang ditawarkan oleh bengkel spesialis cukup menggoda. Biasanya pihak bengkel menawarkan harga suku cadang asli yang lebih murah sekitar 5%. Sementara untuk biaya jasa, biayanya juga bisa lebih murah 50% dari bengkel resmi.

Jadi jika harga sokbreker depan Toyota Avanza di bengkel resmi Rp 1,5 juta sepasang, maka di bengkel spesialis hanya sekitar Rp 1,4 jutaan.

Sementara itu untuk mobil Eropa, harga kaki-kaki seperti sokbreker BMW Seri-3 E46 satu set bermerek Bilstein Rp 2 jutaan. Jika ke bengkel resmi maka harga sokbreker itu sekitar Rp 8 jutaan. Memang yang membedakan adalah umur pakainya. Untuk Bilstein umurnya sekitar 1,5 tahun. Sementara untuk sokbrreker asli BMW bisa bertahan hingga 5 tahun.

Jika dana Anda terbatas, maka Anda juga bisa “mengakali” kaki-kaki mobil Anda asalkan kerusakannya di cek terlebih dahulu. Biasanya suspensi di ganti dengan karet baru dengan tetap mempertahankan rumah komponen kaki-kaki itu. Lalu di press ulang dan dibubut agar kuat pemasangannya.

Biaya perbaikan kaki-kaki terbilang cukup murah. Dimana biaya jasanya berada di kisaran Rp 800 ribuan hingga Rp 1,5 jutaan. Tergantung dari kerumitan pengerjaan dan pemasangan dimana biasanya kaki-kaki mobil Eropa lebih susah diakali.

Namun yang perlu dipertimbangkan sebelum merekondisi, jika kerusakan komponen kaki-kaki mobil Anda sudah lebih dari 50%, maka sebaiknya diganti agar tidak mengurangi kenyamanan berkendara maupun safety.

Itulah beberapa poin penting mengenai Tips dan Cara Hemat Perbaikan Kaki-kaki Mobil yang bisa Saya sampaikan. Jika ada masukan mohon diisi di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!