Cara Meningkatkan Tenaga Toyota Innova / Fortuner Diesel

Tips Meningkatkan Tenaga Toyota Innova / Fortuner Diesel – Tenaga Toyota Innova dan Toyota Fortuner diesel lama yang dijual di Indonesia memang tergolong pas-pasan. Torsi khas mesin diesel terasa kurang nendang pada kedua mobil ini dikarenakan bobotnya yang tergolong berat dan angka output tenaga yang kecil. Oleh karena itu, banyak cara dilakukan para pemilik mobil ini untuk memodifikasi beberapa bagian mesin agar performanya meningkat.

Cara Meningkatkan Tenaga Toyota Innova / Fortuner Diesel
Cara Meningkatkan Tenaga Toyota Innova / Fortuner Diesel

Cara Meningkatkan Tenaga Toyota Innova / Fortuner Diesel

Salah satu cara yang paling praktis untuk meningkatkan tenaga Toyota Innova dan Fortuner Diesel adalah dengan mengaplikasi peranti penipu komputer mesin alias piggyback. Yup, Piggyback bukan monopoli bagi mesin bensin lagi. Mesin diesel modern yang telah dikontrol dengan ECU (Electronic Computer Unit) serta berteknologi common-rail bisa bisa dimaksimalkan performanya dengan piggyback. Tinggal pasang, tenaga pun akan meningkat drastis.

Bahkan, untuk menyetting piggyback pada mesin diesel lebih mudah ketimbang mesin bensin. Salah satu piggyback yang juga mampu memanipulasi mesin diesel adalah Dastek Unichip Type Q+.

Sebagai gambaran, tenaga standar mesin diesel 2KD-TV bawaan Toyota Kijang Innova dan Fortuner diesel lama yang bertenaga 100 HP, bisa naik dua kali lipat yakni 200 HP dengan hanya menginstalasi piggyback dan komponen pendukung seperti intercooler.

Karena memang mesin Innova diesel ini sangat potensial untuk dinaikkan tenaganya. Cukup di-setting ulang pasokan bahan bakar dan dinaikkan boost turbonya, tenaga bisa melonjak jauh. Sementara pada mesin bensin, settingan piggyback untuk mendapatkan performa yang maksimal, salah satunya harus benar-benar memperhitungkan AFR (Air to Fuel Ratio), atau istilahnya awamnya, rasio campuran antara bensin dan udara.

Jika settingannya tidak tepat, maka performa mesin tidak akan sempurna, bahkan bahan bakar akan jadi lebih boros. Sementara pada mesin diesel, tahap settingan justru lebih mudah. Lantaran pada dasarnya, tuning diesel dengan hanya menambah pasokan bahan bakar ke mesin, tenaganya pun langsung melonjak.

Cara Meningkatkan Tenaga Toyota Innova / Fortuner Diesel : Pakai Intercooler

Namun, tetap ada konsekuensinya. Jika setelannya terlalu ekstrem, maka mesin diesel rentan overheat. Karena overheat, performa akan menurun dan bahkan membahayakan daya tahan mesin. Untuk itu, lebih aman lagi jika mengaplikasi intercooler dan EGT (Exhaust Gas Temperature).

Aplikasi intercooler akan membuat kinerja mesin diesel yang telah menggunakan turbo agar semakin maksimal perolehan tenaganya. Karena, suplai udara dari turbo ke mesin akan didinginkan terlebih dahulu oleh intercooler. Selain itu, jika sudah pakai intercooler, maka suhu mesin akan lebih rendah dan resiko overheat bisa diminimalisir.

Demikian beberapa informasi penting mengenai Cara Meningkatkan Tenaga Toyota Innova / Fortuner Diesel. Baca juga :

Rekomendasi Mesin Legendaris Toyota untuk Swap Engine

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!