Deteksi Komponen Mudah Terbakar di Mobil

Deteksi Komponen Mudah Terbakar di Mobil – Adanya insiden mengenai terbakarnya mobil yang terjadi, cukup mengkhawatirkan bebe­rapa pemilik kendaraan. Karena mobil-mobil yang mengalaminya bukanlah mobil yang asing di telinga kita.

Salah satunya ialah pemberitaan Toyota Alphard milik anggota partai Golkar yang  terbakar akibat adanya korslet dari sistem kelistrikan. Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan, apa yang sebenarnya terjadi?

Deteksi Komponen Mudah Terbakar di Mobil
Deteksi Komponen Mudah Terbakar di Mobil

Jika melihat dari struktur komponen sistem kelistrikan, terlihat sangat rumit. Beberapa komponen yang berukuran kecil, sering kali di abaikan keberadaannya. Padahal komponen kelistrik­an dapat menimbulkan hal fatal mengalami suatu masalah.

Sering sekali terlihat pada kabel ada sambungan yang diselimuti dengan isolasi. Masalahnya isolasi ini terkadang tidak mampu menahan rembesan air pada sela-sela pinggirannya. Atau memang sudah getas karena sudah termakan usia. Sehingga potensi kemasukan air pun sangat mungkin terjadi.

Mobil yang sudah berumur di atas lima tahun, memiliki potensi mengalami masalah itu. Risiko terjadinya korslet pun makin besar. Karena beberapa komponen pada mobil ini memiliki umur yang berbeda-beda. Terlebih ada udara panas yang terdapat pada ruang mesin yang dapat menurunkan umur komponen yang memiliki bahan plastik dan karet.

Sering sekali terjadi masalah seperti ini pada kendaraan yang sudah berumur di atas lima tahun. Tentunya hal ini dapat dihindari dengan melakukan gene­ral check-up di bengkel resmi. Sehingga komponen yang berpotensi menimbulkan kebakaran akan diketahui kondisinya.

Namun apa saja yang harus diperhatikan? Berikut penjabaran Cara Deteksi Komponen Mudah Terbakar di Mobil.

Deteksi Komponen Mudah Terbakar di Mobil

Bohlam

Komponen yang memberikan penerangan di malam hari ini ialah salah satunya. Sering sekali terjadi pemilik mobil menaikan watt pada bohlam untuk mendapatkan penerangan yang lebih baik. Efeknya selain rusaknya mika dan reflektor pada rumah lampu, pin konektor pada lampu pun ikut bermasalah. Gejalanya ialah lampu tidak mengalami putus, tetapi tidak lagi memberikan cahaya.

Jika hal ini terus dibiarkan, potensi terbakar pada kabel pun akan terjadi karena tidak mampu mengalirkan arus besar yang bohlam inginkan. Sehingga penggunaan bohlam lampu yang sesuai dengan standar pabrikan mobil, jangan diremehkan.

Soket

Komponen yang berbahan plastik ini pun harus Anda perhatikan kondisinya. Karena udara panas di ruang mesin biasanya membuat komponen yang berbahan plastik mudah getas. Sehingga dapat memungkinkan soket pun menjadi goyah ataupun pecah. Ketika soket menjadi goyah akibat umur dan udara panas dari mesin, hal ini dapat me­nimbulkan potensi korslet. Untuk itu Anda pun harus memperhatikan soket pada mobil bekas.

Kabel

Sudah sedikit disinggung di atas mengenai masalah yang terjadi pada kabel. Untuk meminimalisasi masalah ini hanya dengan menghindari adanya sam­bungan kabel. Karena penyambungan yang tidak baik dapat menyebabkan kebocoran listrik yang berbentuk suatu percikan. Bahayanya, jika ada uap bensin di sekitar ruang mesin, potensi terbakar pun sangat tinggi.

Jika memang terpaksa mela­kukan sambungan pun Anda bisa menggunakan material sam­bungan ataupun menyolder kabel tersebut dan dibungkus dengan heat shrink (slang bakar). Sehingga sambungan pun akan terhindar dari kebocoran listrik.

Fuel Line

Melihat sifat dari bahan bakar yang sangat mudah terbakar, membuat Anda pun harus lebih memperhatikan kondisi fuel line (slang bensin). Hal yang tidak diinginkan ialah adanya penguapan bensin di daerah engine compartment yang didukung dengan kebocoran listrik akibat adanya sambungan kabel. Oleh sebab itu Anda pun harus lebih memperhatikan kondisi  fuel line.

Indikasinya selain dilihat dari kondisi fisik, biasanya tercium bau bensin di daerah engine compartment. Jika tanda-tanda tersebut sudah terlihat penggantian part pun harus dilakukan.

Tips Deteksi Komponen Mudah Terbakar di Mobil

Sering sekali terjadi masalah seperti ini pada kendaraan yang sudah berumur di atas lima tahun. Tentunya hal ini dapat dihindari dengan melakukan general check-up di bengkel resmi. Sehingga komponen yang mudah terbakar akan diketahui kondisinya.

Demikian beberapa tips singkat mengenai Cara Deteksi Komponen Mudah Terbakar di Mobil. Baca juga:

Rekomendasi Sedan Bekas di Bawah 50 Juta

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!