Cara Setting Idle RPM Honda Genio Naik Turun

Panduan Setting Idle RPM Honda Genio Naik Turun – Untuk Anda pengguna Honda Civic Genio, mungkin sering mengalami idle mesin yang tidak stabil. Kadang idle atau langsam nya naik turun alias tidak stabil. Idle tidak stabil ini juga sering dialami oleh pengguna Honda Civic Estilo karena konfugirasi mesinnya sama persis untuk versi lokal. Kejadian ini paling sering ditemukan dimana jarum rpm Genio drop saat AC nyala.

Idle yang standar mobil ini pada kondisi operasional optimum yaitu antara 600 hingga 700 rpm. Jika idle sering naik turun atau tidak stabil maka penyebab utamanya adalah adanya kotoran menempel pada bagian katup elektonik pengontrol udara (Electronic Air Control Valve) atau sering dikenal dengan sebutan EACV. Valve EACV yang kotor ini wajib dibersihkan. Jika tidak, maka akan merambat ke bagian lainnya.

Cara Setting Idle RPM Honda Genio Naik Turun

Berikut adalah langkah-langkah membersihkan EACV atau cara setting idle RPM Honda Genio

Baca Juga:  Perbedaan Shockbreaker Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G

Cara Setting Idle RPM Honda Genio Naik Turun
1. Pertama-tama lepaskan soket yang terhubungan dengan ECU. Soket ini menempel pada bagian bawah EACV. Cara melepasnya sangat mudah, yaitu dengan menekan sambil mendorongnya ke arah bawah.

2. Lalu lepaskan baut pengunci EACV sebanyak 2 biji. Membukanya dengan kunci berukuran 12 mm. Lakukan saat suhu mesin dingin dengan perlahan dan teliti, karena lokasinya sulit untuk dijangkau oleh tangan orang dewasa.

3. Tahap selanjutnya lepaskan EACV, lalu semprot 2 lubang dudukan baut tadi dengan menggunakan carbon cleaner. Setelah disemprot dengan merata, diamkan selama 15 menit agar kerak yang ada pada kedua lubang tersebut rontok

4. Langkah selanjutnya yaitu pasangkan kembali baut pengunci EACV beserta soketnya. Setelah semuanya terpasang. Starter mesin dan lihat idle putaran mesin. Jika idle masih belum beraturan, matikan mesin. Lepaskan soket yang tehubung pada EACV tadi, tapi jangan buka baut penguncinya. Starter mesin lagi dengan soket pada EACV terlepas. Karena EACV dan ECU tidak terhubung maka lampu check engine menyala. Setelah itu cek bagian throttle body dengan memakai obeng – pada baut penyesuaian idle atau langsam.

Baca Juga:  Mobil Hilang di Area Parkir, Siapa yang Tanggung Jawab?

Itulah Panduan Setting Idle RPM Honda Genio Naik Turun. Semoga bermanfaat. Baca juga beberapa tips Honda Genio lainnya.