Cara Merawat Power Window agar Tidak Rusak dan Macet

Tips dan Cara Mudah Merawat Power Window – Power window adalah sebuah sistem untuk membuka dan menutup jendela secara elektrik dengan menggunakan saklar atau switch yang dibantu oleh dinamo dalam di dalam pintu mobil. Sistem ini mulai jamak digunakan oleh mobil-mobil kelas standar sejak tahun 90-an.

Dalam merawat mobil, bagian-bagian pada pintu seringkali luput dari perhatian kita, khususnya pada bagian bagian sistem penggerak power window atau dinamo. Saat power window rusak, baik kaca yang tersendat-sendat ataupun tombolnya yang macet, disitulah kita sadar bahwa pentingnya merawat power window.

Komponen power window semakin lama semakin berkembang. Mungkin untuk mobil produksi tahun 90-an, komponennya masih konvensional dan belum terlalu canggih. Sehingga biaya perawatan power windownya tidak terlalu mahal. Namun untuk mobil produksi jaman sekarang, skema kelistrikan pada power window dibuat sedemikian rupa dengan sentuhan modernitas.

Jika ada komponennya yang rusak, maka biaya perbaikannya membutuhkan dana yang besar. Untuk itulah, kali ini Saya akan memberikan sedikit merawat power window agar tidak rusak dan macet.

Tips Merawat Power Window agar Tidak Rusak dan Macet

Penyebab Power Window Macet

Power window macet dapat disebabkan oleh adanya karat pada bagian-bagian regulator power window, khususnya pada bagian gear penggerak motor. Karat pada motor tersebut terbentuk dikeranakan adanya celah pada seal pintu sehingga masuk pada bagian motor power window. Selain itu, penyebab power window macet yang paling sering ditemui adalah adanya kesalahan pada sistem kelistrikan. Sehingga butuh perawatan lebih lanjut menggunakan jasa mekanik.

Sedangkan untuk gerak kaca yang naik turun agak tersendat, itu disebabkan karena berkurangnya pelumas pada kawat penarik kaca. Jika Anda biarkan, maka lama-kelamaan hal kawat penarik kaca itu akan putus sehingga kaca tidak dapat bergerak secara totral, walaupun motor penggerak masih berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara Merawat Power Window

Untuk menghindari adanya karat pada motor penggerak, ada baiknya Anda memperbarui semua karet seal pada kaca jika karet tersebut getas atau putus. Karena selain menyebabkan rembesan air masuk ke dinamo power window,  karet seal yang mengeras juga dapat mengikis permukaan kaca mobil Anda sehingga kaca mobil menjadi tidak rata.

Untuk menghindari gerak kaca yang lamban ataupun tersendat, tambahkan gemuk pada kawat penarik kaca agar dapat bekerja dengan lancar. Sembari mengoleskan pelumas, gunakan tombol power window untuk menaikkan dan menurunkan kaca secara bergantian, agar pelumasan pada seluruh bagian menjadi rata.

Usahakan gemuk tidak mengenai semua jenis karet pada bagian pintu, karena jika gemuk bereaksi dengan karet, maka lama-kelamaan karet tersebut akan panas dan rusak dalam waktu yang singkat.

Untuk Anda yang sering bepergian seorang diri menggunakan mobil. Maka kaca pada bagian belakang sudah pasti sangat jarang digunakan. Oleh karena itu, sering-seringlah mengoperasikan semua power window setiap hari, untuk mencegah terjadinya karat.

Itulah sedikit Cara Merawat Power Window agar Tidak Rusak dan Macet, semoga bermanfaat. Baca juga paduan dan tips perawatan mobil menarik lainnya.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!